Wednesday, July 23, 2014

Cetak Cetak

Pertanyaan Seputar Bakteri, Virus, dan Antibiotik

March 14, 2011 by admin · 1 Comment 

T: Apakah bakteri dan virus itu?

J: Bakteri adalah organisme bersel satu yang biasanyanya dapat ditemukan di dalam dan luar seluruh badan kita, kecuali di darah dan cairan spinal (sumsum tulang belakang). Kebanyakan bakteri tidak berbahaya. Faktanya beberapa dari bakteri tersebut sebetulnya bermanfaat. Meskipun demikian, ada bakteri penyebab penyakit yang dapat memicu timbulnya penyakit, seperti radang tenggorokan akibat kuman streptokokus dan sejumlah infeksi telinga.

Virus berukuran lebih kecil dari bakteri. Virus tidak dapat bertahan di luar sel tubuh. Virus menyebabkan penyakit dengan menyerang sel-sel sehat dan berkembang biak.

T: Infeksi seperti apa yang disebabkan oleh virus dan seharusnya tidak diobati dengan antibiotik?

J: Infeksi virus yang seharusnya tidak diobati dengan antibiotik meliputi:

  • Selesma (common cold)
  • Flu
  • Sebagian besar batuk dan bronkitis
  • Radang tenggorokan (kecuali yang disebabkan oleh bakteri streptokokus)
  • Beberapa infeksi telinga

T: Apa itu antibiotik?

J: Antibiotik, juga dikenal sebagai obat antimikroba, merupakan obat yang dapat melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Alexander Fleming menemukan antibiotil pertama, penisilin, pada tahun 1927. Setelah penggunaan pertama pada tahun 1940-an, antibiotik mentransformasi pelayanan medis dan secara dramatis mengurangi penyakit dan kematian akibat penyakit-penyakit infeksi.

Istilah “antibiotik” awalnya ditujukan pada suatu senyawa alami yang dihasilkan oleh suatu jamur atau mikroorganisme lainnya yang membunuh bakteri penyebab penyakit pada manusia dan hewan. Beberapa antibiotik dapat merupakan senyawa sintetik (tidak dihasilkan oleh mikroorganisme) yang dapat pula membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroba. Secara teknis, istilah “agen antimikroba” ditujukan untuk baik senyawa alami maupun sintetik; namun, banyak orang menggunakan kata “antibiotik” untuk merujuk keduanya.Walaupun antibiotik memiliki banyak efek bermanfaat, penggunaannya yang tidak rasional telah menyumbang kepada masalah resistensi antibiotik.

Sumber :

http://www.cdc.gov/getsmart/antibiotic-use/anitbiotic-resistance-faqs.html

Share on Facebook

Comments

One Response to “Pertanyaan Seputar Bakteri, Virus, dan Antibiotik”
  1. vitri says:

    Saya mau menanyakan tentang radang yg di sebabkan oleh bakteri sreptokokus,itu gejalanya apa beda dgn radang yg di sebabkan oleh virus?mohon penjelasannya segera,karena saat ini saya sedang mengalami radang tenggorokan di sertai panas dan suara habis,badan linu,temggorokan sakit dan batuk kering,kmarin saya hanya minum paracetamol tapi gak ada perubahan,lalu hari ini saya ganti jadi minum asam mefenamat untuk nyeri dan cefradoxacin u antibiotiknya.anak saya juga selalu setiap radang kalau ke dkter selalu di berikan resep antibiotik,karna katanya kalau radang harus pakai antibiotik,mohon infonya agar saya bisa lebih teliti dan kritis lagi ttg masalah antibiotik ini,terimakasih


*