Monday, November 24, 2014

Cetak Cetak

Tounge tie, apakah sebuah masalah besar?

January 30, 2012 by windhi kresnawati · Leave a Comment 

Tongue Tie

Banyak orang yang belum tahu istilah tersebut bahkan  belum pernah mendengarnya. Tongue tie atau ankyloglossia adalah kondisi dasar lidah melekat pada dasar mulut melalui frenulum (tali lidah) sehingga gerakan lidah menjadi terbatas.  Persentase  tongue tie tidak banyak (sekitar 3-4%) dan sebagian besar merupakan kelainan ringan yang tidak menimbulkan gejala sama sekali. Pada derajat yang berat, tounge tie bisa mengakibatkan nyeri dan lecet pada puting payudara, masalah menyusui atau berat badan bayi tidak naik sesuai harapan.

Apabila terdapat masalah menyusui pada bayi anda atau kenaikan berat badan anak tidak sesuai harapan, sebaiknya anda konsultasi  kepada dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan yang menyeluruh dan menganalisis masalah menyusui. Penyebab masalah menyusui lainnya (selain tongue tie) harus disingkirkan. Anda mungkin memerlukan bantuan konselor laktasi untuk membantu masalah menyusui. Apabila terapi tersebut tidak berhasil, perlu dipertimbangkan tindakan bedah yang disebut frenotomi. Frenotomi sebaiknya dilakukan sesuai indikasi yang tepat dan berdasarkan rasio risiko dan manfaatnya.

Untuk mempelajari lebih jauh tentang tongue tie anda dapat membaca artikel berikut ini: Diagnosis dan Penanganan Tongue Tie dan Frenotomi

Salam sehat

Share on Facebook


CAPTCHA Image
*