Sunday, December 21, 2014

Cetak Cetak

Skrining Universal Gangguan Pendengaran Pada Bayi

February 28, 2012 by admin · Leave a Comment 

Gangguan pendengaran merupakan salah satu kelainan mayor yang terjadi sejak lahir (kongenital).  Gangguan pendengaran kongenital diperkirakan terjadi 1 – 3 kasus (0,1 – 0,3 %) pada setiap 1000 bayi lahir sehat dan 2 – 4 kasus (2 – 4%) pada setiap 100 bayi yang mendapatkan perawatan intensif (Neonatal Intensive Care Unit, NICU). Namun apabila gangguan tersebut tidak dideteksi dan ditangani secara dini, gangguan pendengaran dapat menyebabkan gangguan bicara, bahasa, dan kemampuan kognitif.

Faktor risiko gangguan pendengaran kongenital diantaranya infeksi cytomegalovirus dan kelahiran prematur yang membutuhkan perawatan intensif. Namun penilaian faktor risiko saja ternyata tidak cukup untuk mendeteksi gangguan pendengaran kongenital. Sekitar 42% bayi dengan gangguan pendengaran kongenital tidak terdeteksi dengan skrining faktor risiko saja. Oleh karena itu, Joint Committee on Infant Hearing (JCIH) merekomendasikan untuk dilakukan skrining universal untuk mendeteksi gangguan pendengaran pada bayi.  Yang dimaksud skrining universal adalah upaya skrining dilakukan pada semua bayi tanpa menilai ada/tidak faktor risiko atau gejala. Apabila hasil skrining positif maka perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan yang definitif dan intervensi dini.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang skrining universal gangguan pendengaran, anda dapat mengakses artikel berikut : Gangguan Pendengaran Pada Anak, Pentingnya Skrining Universal Gangguan Pendengaran Pada Bayi, Pemeriksaan Skrining Pendengaran.

Salam Sehat

Share on Facebook


CAPTCHA Image
*