Thursday, October 23, 2014

Cetak Cetak

Q&A:Imunisasi

January 23, 2010 by Anto Lucu · 27 Comments 

Feb 8

Anak saya riza baru di imunisasi Hib pertama pada waktu umur 6 bulan. sekarang ia berusia 9 bulan. untuk imunisasi Hib selanjutnya sebaiknya kapan di berikan, dan berapa kali imunisasi hib tsb di berikan.

kobe Feehily kobe_8id@xxx

Jawaban:

Idealnya memang interval 2 bulan mbak. hib2-nya segera aja, nanti umur 11 bulan kasih hib 3, dan hib4 umur 15-19bulan.

TristaNathan Amadeo tristanathan.amadeo@xxx

Saya mohon info/bantuannya bgm bila imunisasi MMR terlambat diberikan.  Anak saya Amira sekarang 3th 3bulan, jika menurut rekomendasi IDAI MMR  diberikan pd usia 15 bln dan 5 th sementara amira belum  mendapatkannya. Kapan saat yg tepat diberikan? Apakah saat skrang dan  nanti pd usia 5th? atau nanti sekali saja pd saat 5th?

bon_tie bon_tie@xxx

Jawaban:

Seperti Amira, Andika juga telat imunisasi MMR-nya dan bulan lalu Andika baru saja mendapatkan Vaksin MMR, nanti boosternya nanti pas Andika umur 6 tahun.

mama dika mama.andika@xxx

Feb 15

Anak saya, Dhita (19m) kyknya ada yg kelewat dgn imunisasinya, yaitu varisela, apakah msh bisa diberikan imunisasi pd saat skr? hr sabtu kmrin tgl 9 feb ’08, Dhita baru imunisasi booster 4, polio, DPT+HIB combo.

Leslie nchy@xxx

Jawaban:

Boleh. Tapi at least setelah 4 minggu dr tgl 9 feb, krn dhita baru dapet polio, butuh initerval 4 minggu untuk sesama vaksin hidup lainnya.

TristaNathan Amadeo tristanathan.amadeo@xxx

b. Simultan

Feb 1

Imunisasi hepB 3 bisa digabung dg dpt & hib 3 juga? (di usia 6 bln)

Denia_diah denia_diah@xxx

Jawaban:

Bisa simultan: hepB 3 + hib 3 + dpt 3

Junice Simbolon junicemika@xxx

Feb 4

Anak saya usia 4 bulan, 2 bulan lalu mendapatkan imunisasi combo 1 suntikan DPaT-HIB-Polio. Setelah imunisasi ngga ada keluhan berarti pada anak saya. (DSA nya yg menganjurkan imunisasi combo tsb).Dan 3 hari lagi, jadwal untuk imunisasi yang sama lagi. Tapi saya koq jadi ragu utk imunisasi selanjutnya? !
Keraguan saya:
1. Begitu banyak vaksin (dalam kasus ini 6 vaksin ya) masuk dalam satu suntikan, kira-kira bahaya ngga?
2. Biasanya polio diberikan oral, tapi kali ini suntikan. Emang ada ya, Dok?
3. Anak saya lahir 3kg, skrg 4 bulan belum bisa tengkurap. Masih ASI exlusive. Usia berapa saya

boleh khawatir kalau anak belum bisa tengkurap?
4. Tolong buat parents yg punya pengalaman memberikan imunisasi simultan seperti ini bisa berbagi dengan saya.

nadheera_aisha nadheera.aisha@xxx

Jawaban:

  1. Kenapa bahaya? kan memang sdah tiap hari, tanpa disadari kita udah terpapar berbagai jenis mikroorganisme, jd gak ada alasan bahwa imunisasi simultan itu membahayakan.
  2. Saya gak tau soal ini, kalau mbak bisa share merk vaksin-nya akan lebih gampang buat cari tau isi vaksin tsb. btw, mbak tinggal dimana? Kalau di indonesia, yang masih jd endemic polio, opv lah yang paling pas buat vaksin, bukan ipv (suntikan).
  3. Coba baca postingan mila kemarin soal veda yang baru bisa jalan. Tiap anak tuh unik!
  4. Kira2 2 minggu yll, shinta (mama dika) baru posting soal imunisasi simultan dg 4x suntikan. bagus buat dibaca… dan banyak kok sharing sps soal imunisasi simultan.

TristaNathan Amadeo tristanathan.amadeo@xxx

Sebelumnya CMIIW ya… Jadi bingung nich…  Sesama vaksin hidup itu ngga boleh disuntikan pada saat bersamaan kan ya?  Kalau saya ngga salah MMR dan Varicella itu sama-sama vaksin hidup, dan jarak minimun antara sesama vaksin hidup yang disuntik itu minimal 4 minggu, kalau kurang maka kedua vaksinnya (MMR & Varicela) harus diulang.
Jadi MMR dan Varicella ngga bisa disuntik sekaligus kan ya? airin dewi airin.dewi@xxx

Jawaban:

Sesama vaksin hidup BOLEH diberikan bersamaan.  Semua vaksin (hidup atau mati) boleh simultan

wati

Dear Doctors & SPs, mau tanya nih.
Besok anak saya dijadwalkan imunisasi HIB & polio, tapi sekarang sedang batuk (ringan sih, tidak demam juga, dan saya tidak memberikan obat apapun). Apa tidak beresiko kalau besok tetap diimunisasi, atau tunggu sampai batuknya reda? Mohon pencerahan.

JAWABAN

Tidak apa-apa kok. Imunisasi saja…
Kondisi dimana imunisasi tidak dapat diberikan atau imunisasi boleh ditunda:

  • Sakit berat dan akut; Demam tinggi;
  • Reaksi alergi yang berat atau reaksi anafilaktik;
  • Bila anak menderita gangguan sistem imun berat (sedang menjalani terapi steroid jangka lama, HIV) tidak boleh diberi vaksin hidup (polio oral, MMR, BCG, cacar air).
  • Alergi terhadap telur, hindari imunisasi influenza

Dijawab oleh: Samsul

Deasy

Saya punya putri berumur 14 bulan dan tanggal 3 Agustus kemaren genap 15 bulan. Menurut schedule imunisasi umur 15 bulan saatnya anak mendapatkan imunisasi MMR. Namun saya masih ragu, karena saya pernah mendengar kalau imunisasi MMR itu masih pro dan kontra dikalangan kedokteran (pernah ada kasus anak jadi autis setelah diimunisasi, padahal tadinya anak itu sangat aktif).
Dan perlu diketahui anak saya itu anak yang aktif dan belakangan ini bila diajak kedokter dia selalu menangis dan menjerit walaupun itu hanya untuk di periksa bukan disuntik. Dugaan kami mungkin itu trauma karena suntikan imunisasi wajib yang selalu diberikan pada saat dia belum genap 1 tahun.
Yang ingin saya tanyakan apakah perlu imunisasi MMR itu diberikan kepada anak saya?. Bagaimana dengan kondisi dia sekarang yang selalu menangis dan menjerit bila dibawa kedokter?Terima kasih atas perhatiannya.

JAWABAN

Deasy, Thanks ya buat emailmu. Iya, sebetulnya suatu big misconception bahwa vaksinasi termasuk MMR bisa menyebabkan autis. Seluruh dunia sudah memberikan MMR pada ratusan juta anak, kalau memang vaksin ini menyebabkan autis, kan dunia wabah autis ya. Kalau memang benar, pasti WHO dan Unicef sudah melarang vaksin ini.
Kamu browse deh CDC dan WHO, cari perihal MMR, mereka sudah membuat statement sejak lama bahwa vaksin MMR tidak ada kaitannya dengan autisDi lain pihak, penyakitnya parah lho ketiganya ini, itu sebabnya seluruh dunia menyambut gembira ketika vaksin ini ditemukan karena telah berhasil menyelamatkan buanyaak sekali anak.
Ok, usul saya, imunisasi deh ASAP kasihan anakmu, karena rumor, jadi bisa terkena penyakit yg berat-berat dan fatal.

Dijawab oleh: Wati

Ita

Dok anak saya sudah 6 bulan. dan sudah diimunisasai BCG, Hepatitis B I, II, III, DPT/DT, Polio I, II, III (yg tidak panas)
Bulan depan rencananya saya mau imunisasi HIB. Cuman DSA anak saya memberi masukan, kalo HIBnya bulan depan berarti imunisasinya harus 3 kali. Tapi kalo HIB nya dilakukan umur 1 tahun cukup 1 kali.Nah, menurut dokter sebaiknya saya melakukan imunisasi HIB kapan? Sekarang atau nunggu sampai umur 1 tahun?

Kedua, anak saya ini juga sedang sakit batu pilek sudah hampir 3 minggu. Masalahnya dia nggak sembuh-sembuh karena saya dan kakaknya (5 th)juga sedang sakit batuk pilek. Saya dan kakaknya sudah minum obat batu pilek. Tapi anak saya yang 6 bulan ini saya nggak berani kasih apa-apa.
Saya kasihan sekali, karena kadang kalo dia batuk suka muntah dan ASI yang baru dia minum keluar semua. Kenapa ya dok, apakah muntahnya dia ini sebagai reaksi agar dahaknya keluar? Perlu dokter ketahui batuk anak saya sampai bunyi grok-grok gitu…
Mohon masukan dr dokter

Sebelumnya terimakasih

JAWABAN

Dear Ita, Thanks buat emailnya.

HiB adalah singkatan dari Hemofilus Influenzae B, suatu kuman yang menyerang saluran napas atas, termasuk pita suara dan sekitarnya, tetapi dapat menimbulkan komplikasi meningitis atau radang selaput otak. HiB juga merupakan salah satu penyebab pneumonia pada anak, Nah, infeksi akibat kuman HiB paling tinggi terjadi setelah bayi berusia 6 bulan, oleh karena itu, kesepakatn badan internasional yg dilakukan di banyak negara maju termasuk Malaysia, Singapura, adalah memberikan Hib bersamaan dengan DPT (saat ini sudah ada vaksin kombinasinya) saat bayi berusia 2 bulan dan selesai 3 kali imunisasi dasar saat mereka berusia 6 bulan.
Jadi kalau menurut saya, ya sebaiknya jangan tunggu sampai berusia 1 tahun, lebih baik keluar uang sedikit ketimbang anak jatuh sakit kan. Bagaimanapun, upaya pencegahan merupakan upaya yang paling cost effective dan aman, dan manusiawi

Kedua, bayimu mungkin ketularan kalian ya. Tidak ada obat batuk bagi bayi. Obat batuk yang paling bermanfaat adalah minum banyak; berikan ASI/formula sering meski sedikit-sedikit, sehingga bayimu minum lebih banyak dari biasanya. Uap air panas dihirupkan, dan jaga agar ruangan tidak kering, AC kan membuat ruangan menjadi kering.
Grok2nya itu adalah lendir alias dahak, dan bayi membuang dahaknya dengan batuk sehingga dahak keluar dari jalan napas, ditelan dan masuk ke lambung. Masuknya dahak ke lambung ini membuat rasa tak enak dan bayi otomatis lebih mudah muntah. BTW, ada keturunan alergi atau asma? Ok semoga cepat sembuh

Dijawab oleh: Wati

Share on Facebook

Comments

27 Responses to “Q&A:Imunisasi”
  1. ika herna says:

    dok anak saya 6 bln terlambat imunisasi combo 3 udah 1 bulan karena lagi sakit pilek ma batuk padahal udah di kasi obat juga tapi gak sembuh2…apa boleh telatnya 1 bulan?apa ada pengaruhnya?tolong ya solusinya…makasi atas jawabannya..

  2. Apri Nurlianto says:

    Dear Para Dokter

    Anak Saya Lahir tgl 31 Dec 2010 so sekarang kira2 umurnya 2 bulan, sampai saat ini sudah mendapatkan imunisasi sebagai berikut:
    10-Jan-2011 Hep B + Polio
    10-Feb-2011 BCG
    26-Feb-2011 Hep B #2
    Trus rencana tgl 12 Maret 2011 nanti akan rencana mendapatkan imunisasi DPT + HIB + Polio
    Pertanyaan saya….
    Menurut Informasi DPT ada dua macam DPT (bikin panas) dan DPaT (tdk bikin panas) dari keduanya mana yang terbaik? trus yang kedua menurut DSA tempat saya nanti Imunisasi DPT dan HIB bisa sekali suntik (combo) atau simultan (paha kiri dan paha kanan) mana yang terbaik juga?
    Terima kasih atas masukan dan advice utk membuat para parent smart.

  3. Fatika says:

    dok mau tanya kalau bayi umur 9 bulan mengalami BGM ( Berat badan di bawah garis merah) apakah boleh diberikan imunisasi campak? jika 9-11 bulan bayi mengalami BGM (Berat Badan di bawah garis merah) boleh diimunisasi campak gak dok?

  4. dessy says:

    dok saya mw nanya babyku baru umur 4 bln tapi karena kesalahan saya, adek (anakku) sudah dapat imunisasi campak, efek apa yang kan terjadi? trus bagaimana efek kedepannya,apa mengganggu kesehatan adek?

  5. Sari says:

    Dear Dokter,
    Saya punya anak usia 3.5 bulan. Dia sudah dapat imunisasi BCG, Hep B 1& 2, Polio 1,
    DPT1 (panas), DPaT 2 (ngga panas) + Hib 1. Untuk berikutnya saya dijadwalkan dokter untuk ambil imunisasi PCV 1, tapi saya masih pikir2. Selain harga vaksinnya mahal (sekitar 1 juta), saya lihat fungsinya sama / mirip dengan vaksin Hib.
    Di jadwal imunisasi yang sekarang (keluaran 2010), semua imunisasi wajib, termasuk si PCV ini.
    Saya sempat berkonsultasi dengan 2 dokter yang berbeda.
    Dokter 1 bilang vaksin PCV ini bisa diberikan 1 kali saja diatas usia 1 tahun , sedangkan dokert 2 bilang vaksin ini harus diberikan 3 kali sebelun usia 1 tahun.
    Jadi mana yang harus saya ikuti petunjuknya ya?

    Mohon pencerahannya.
    Terimakasih

  6. Leny says:

    Dok,anak saya umur 10 bulan belum imunisasi campak karena batuk pilek. Apakah tidak ada pengaruh jika mendapat imunisasi campak diatas 9 bulan dok?

    Trims…

  7. Anna says:

    Dear Dok,
    Hari Senin, bayi saya umur 9 bln dadakan panas, setelah 2 hari panas keluar bintik2 merah di seluruh badan spt biang keringat, bayi saya artinya kena campak ya Dok?trus mengapa banyak sekali ya seperti orang kena penyakit kulit, apakah harus dikasih salep atau bedak?mohon pencerahan-nya.
    Terima Kasih

  8. Dear Doctor,

    Anak saya sekarang usianya 17 bulan, tapi belum mendapat imunisasi campak karena sering kena demam batuk& pilek. Saya dapat informasi kalo langsung saja anak saya ini diberikan imunisasi MMR (tidak perlu lagi diberikan imunisasi campak). Mohon saran dari dokter apa sebaiknya yang saya lakukan, karena keterlambatan pemberian imunisasi MMR pun terlambat diberikan karena anak saya sering sekali kena batuk&pilek (padahal saran dari dokter puskesmas bahwa kondisi anak harus benar2 sehat pada saat diberikan imunisasi).
    Atas saran dokter, saya ucapkan terima kasih.

  9. ika says:

    Dok, anak sy usia sekrng 7 bln. Apakah wajib ya imunisasi Hib? krn anak sy baru dpt Hib1 dok? trus klo memang wajib, kira2 apakah msh bs anak sy mndptkan imun Hib2 & 3?

  10. asri says:

    Dok, anak saya usia 9 bln baru saja diimunisasi campak. sehari setelah imunisasi masih nampak sehat seperti tdk habis diimunisasi. Namun selang 1 hari tsb anak saya demam mencapai 39.3 C. Setelah saya beri penurun panas demamnya agak reda tp msh terbilang demam 38 C. Sekarang sudah 2 hr masih demam dengan suhu 38 – 39 C. Apakah ini masih terbilang wajar dok? kapan saya harus segera ke dokter?

  11. yana says:

    dok, anakku usia 20 bln saat ini dan blm aku beri imunisasi tambahan..imunisasi dasarnya lengkap, akhir2 ini aku jd kepikiran utk memberikan imunisasi tambahan buat anakku tp bingung hrs mulai dgn yg mana krn terlambat semua..anakku blm dpt HIB, msh bisakah? mohon pencerahannya dok..tks

  12. lawi santika says:

    dok,anaku br imunisasi dpt3 td siang tp kok g demam cm rewel aj y?wkt dpt 1 dan 2 demam hampir 2hr,tp skrg ngga,knp y dok?mksh sebelumnya

  13. endah says:

    Dok,bs g klo imunisasi BCG diberikan b’smaan dgn imunisasi DPT ??

  14. tina says:

    dok nanya kok hdb imunisasi combo (dpt, hep, ama meningitis) anakku timbul bentol 2 merah ky digigiyt nyamuk ya
    tp pas kukasih salep jd coklat?itu karena apa?trima kasih mjmbnny

  15. santi says:

    Dok,anak saya 4 bln mendapat suntikan DPT+Hib+polio.. (yg combo) tapi kok panas ya?kata DSA nya itu yg gak panas…sy jd khawatir dok…padahal waktu imunisasi sehat..tolong penjelasannya dok

  16. Veni says:

    Dok,

    Saya mau tanya putri saya Valeska (6 minggu 6 hari) terkena batuk, awalnya batuk ringan, dan DSA saya memberikan Mucopect, namun setelah minum itu, kurang lebih sdh 6 hr belakangan batuknya semakin parah, saya bingung Dok, tidur nya jd sgt terganggu krn batuknya itu, dan sering memuntahkan ASI nya bersamaan dengan dahak.. Apa yg hrs saya lakukan?

    Bersamaan dgn itu, putri saya ada jadwal imunisasi BCG pada 3 hr kedepan.. Kalau menurut dokter apakah imunisasi dapat tetap dilakukan atau bagaimana?

    Sebelumnya Terima kasih atas repsonnya

  17. Wiwin says:

    Anak saya umur 6 bln,pd saat umur 2 bulan dan 4 bulan imunisasi combo polio,dpt,dan Hib injeksi. nama vaksinnya R/Infarix IPV HIB. Jd polionya injeksi bukan oral…
    apa benar itu?

  18. uchie says:

    Dok,

    Anak saya Avila usia 19 bulan, telat imunisasi dpt hib + mmr krn batuk pilek.
    Ke dokter A diberi epexol dan breathy untuk batpilnya (batuk dikit+pilek dikit ga meler).
    Kontrol satu minggu saya bawa ke dokter B (kondisi batpil dikit) katanya boleh imunisasi dan disarankan mmr dulu baru dpt hib sebulan kemudian.
    Masalahnya sesudah mmr anak saya pileknya jadi meler2 dan batuk tetap sedikit.
    Apa itu tidak apa2 dok?
    Saya beri fludexil untuk batpilnya itu (dr resep dokter B)
    Trus sehabis mmr apa boleh mandi? Krn menurut dokter A seminggu tidak boleh mandi dan kena angin2 sementara kata dokter B boleh.
    Dgn kondisi pilek meler dan batuk sedikit apa boleh mandi/hanya dielap?
    Kaitannya apa mandi dgn air panas dibanding diwash lap saja?
    Trus anak saya susah makan padahal buat minum obat harus makan, saya udah ajak main/nonton film/jalan2 dsb apa boleh minum obat ga usah makan dulu? Soalnya saya ga tega musti bertengkar mulu buat kasih makan.
    Tolong dibalas ya dok. Tolong di cc ke email takut kelewat dibalasnya pas saya ga buka Forum ini. Thx b4

  19. widiya says:

    Ass…Dokter mau tanya saya punya anak 2 orang
    yang pertama udah berumur 3 tahun 3 bulan imunisasinya yang belum lengkap sejak dia bayi adalah campak…apakah bisa diberikan pada usianya yang sekarang dan anak saya apa banyak ketinggalan imunisasinya?
    yang kedua udah berumur 11 bulan , imunisasi yang pernah didapat sejak bayi cuma BCG aja dokter waktu usianya 2 bulan. bagaimana dengan imunisasi tahap selanjutnya apakah bisa diberikan saat usianya sekarang?
    apa kira kira akibat dari keterlambatan pemberian imunisasi.. dan jika diberikan sekarang apa ada dampak buruknya juga?
    saya akui saya teledor…karena sibuk kerja…

  20. vita says:

    Dok.mau tanya anak saya vino skrng umur 4bln.sekarang lagi batuk berdahak tapi tidak panas,jdwal imunisasinya DPT3 apa boleh diimunisasi dok saat batuk.

  21. Nendri Twirianti says:

    Dokter mau tanya..anak saya umur 2 bulan imunisasi DPT tanpa panas, nanti yg ke 2 dan ke 3 apakah harus tanpa panas juga? apa boleh yang ke 2 dan ke DPT biasa yang panas?
    Terimakasih

  22. yeni says:

    dok, saya mau tanya,bulan november 13 bayi saya berusia 7 bulan diberikan imunisasi infarix 3+hib, trus bulan desember 13 bayi saya berusia 8 bulan, diberikan imunisasi infarix 3+hib juga,soalnya waktu imunisasi lupa bawa bukunya,pas ditanya dr,saya ingetnya suntik infarix 3+hib, jadi 2 bulan berturut-turut anak saya dapat imun yang sama, itu gimana ya dok,berbahaya tidak.thank

  23. francisca says:

    Dok,sy mau tanya, anak saya saat ini sudah usia 19 bulan seharusnya umur 15 bulan imunisasi MMR tapi karena takut waktu itu jadi belum sy imunisasi. apakah imunisasi MMR boleh tetap diberikan setelah terlambat 3 bulan?? tks

  24. dewi puji astuti says:

    Selamat Siang dok saya mau tanya , saya punya anak 3 perempuan semua
    yang pertama umur 13 juni 8 tahun,imunisasi yang wajib saja,blm pernah MMR dan HIB
    yang kedua umur 5 tahun 4 bulan,imunisasi yang wajib saja,blm pernah MMR dan HIB
    yang ke tiga umur 1 tahun 3 bln ,imunisasi yang wajib saja,blm pernah MMR dan HIB

    Imunisasi apa saja yang harus diberikan untuk ketiga anak saya?
    Apakah sudah terlambat untuk anak pertama dan kedua saya?
    Mohon penjelasannya dok

    terima kasih

  25. ermawati says:

    saya ingin bertanya apakah tidak berbahaya jika anak mendapatkan imunisasi satu taun setengah sebanyak 2 kali?anak saya 2 tahun 3 bulan, saya ke puskesmas untuk imunisasi yang 2 tahun,tapi tantenya kira yang untuk 2 tahun setengah,jadi petugasnya suntik satu setengah tahun lagi.tolong penjelasannya,saya hawatir sekali

  26. nanang rusydi says:

    dok,,anak sy 3y4m sering bangett kena flu batuk,,aman ga yah imunisasi influenza?makasi dok..

  27. sisca says:

    dok,anak saya umur 5 bln,sudah imunisasi polio 1, polio 2(combo dengan dpt 1 + hib 1), bcg, pcv 1, hepa B 1, hepa B 2,kemarin baru imunisasi polio 3 ( combo dengan dpt 2 + hib 2). saya baca diatas hib 3 diberikan sebelum anak 6 bln, sedangkan bulan depan jadwal yg diberikan DSA adalah pcv 2, jadi gmn dok baiknya, imunisai berikutnya ketika anak saya 6 bln, hib 3 atau pcv? dan bolehkah pcv diberikan berbarengan dengan hepa B 3? terima kasih sebelumnya dok…


*