Sunday, August 31, 2014

Cetak Cetak

Q&A:MPASI

June 30, 2009 by Anto Lucu · 11 Comments 

Mau tanya mengenai MPASI.
Danesh sekarang umurnya 9,5 bln. Saya mau kasih variasi resep di makanannya. Selama ini Danesh sudah diberikan daging ayam dan daging sapi yang diblender campur dengan bubur nasi supaya terasa lezat, tanpa ada penambahan garam. Selain itu, Danesh juga sudah mencoba tahu putih (bukan tahu sutra/tofu). Dia suka sekali dan tidak ada tanda-tanda alergi terhadap bahan dasar tahu putih. Hal-hal yang ingin saya tanyakan dan ketahui adalah:

  1. Apakah bahan makanan yang masih dilarang / belum diperbolehkan untuk usia Danesh?
  2. Apakah telur, ikan, keju jenis cheddar ataupun yang gouda (asli dari susu sapi), mentega butter (misal:anchor unsalted), oatmeal (havermuth) dan yoghurt untuk bayi sudah boleh diberikan ke anak usia Danesh?Kalau belum boleh, kira-kira usia berapakah bahan makanan tersebut boleh diberikan ke anak?
  3. Seingat saya jenis makanan laut yang bercangkang seperti kerang2an, kepiting dan udang belum boleh diberikan ke anak usia 9 bln sampai 12 bln.

Tolong dikoreksi apabila salah. Maklum saja, saya agak lupa makanan apa saja yang beluim boleh diberikan ke anak usia 9 bln mengingat anak saya yang pertama, Fatih sudah berumur 3,5 thn. Saat ini, Danesh masih minum ASI, tapi (sayangnya) terkadang belakangan ini dikombinasi dengan Susu Formula karena 2 minggu yang lalu saya pernah dirawat di RS terkena DB sehingga kuantitas ASI masih belum kembali normal seperti sebelum sakit. Terima kasih untuk inputnya dari SPs

JAWABAN

Dear Mba Esti,

  • Untuk pemberian daging ayam & sapi sebaiknya tidak diblender dengan bubur supaya Danesh bisa mengenali rasa & tekstur daging masing2, tanpa tersamarkan oleh nasi/karbohidrat lainnya. Kalau mau kasih rasa, ya pakai AIR KALDU untuk bikin nasi tim nya, daging yang sudah direbus (boleh kasih bumbu spt bwg putih, bombay, daun salam, kunyit) dicincang halus atau suwir2 kecil, disajikan terpisah dengan nasi & sayur. Untuk penambah rasa lain bisa berikan keju cheddar.
  • Oatmeal sebenarnya sudah bisa diberikan sejak 6 bln, tapi teksturnya makin lama makin kasar & padat.
  • Untuk mencegah alergi: produk laut & putih telur diberikan setelah 1 thn. Kalau mau memberikan ikan, silahkan coba ikan air tawar dulu spt gurame, bawal…dikukus.
  • PLAIN yogurt sudah bisa diberikan dan tdk harus yang ada embel2 ‘bayi’ di judulnya. Bisa tambahkan potongan2 buah kesukaan Danesh.

Berikut saya C&P potongan info dari web sehat

Usia: 9 – 12 bulan

Perkembangan kemampuan makan:

  • Sama seperti usia 6-8 bulan DITAMBAH
  • Lebih mudah menelan makanan.
  • Memiliki lebih banyak gigi.
  • Mampu mengambil makanan dan obyek lainnya dengan jempol dan telunjuk/jari tengah
  • Memasukkan apapun dalam mulutnya.
  • Menggerakkan rahang dalam gerakan mengunyah.
  • Mengeksplorasi lingkungan sekitarnya melalui rasa, bau, suara dan penglihatan.
  • Mulai siap untuk disapih menggunakan botol atau cangkir.

Apa yang diberikan:

  • ASI/ ASI perahan atau susu formula DITAMBAH
  • Beras/sereal (jenis apa saja)
  • SAYURAN: buncis, kcg kapri, kcg panjang, labu
  • BUAH: nanas, kiwi, mangga, melon
  • PROTEIN: dg sapi, dg ayam, ati, kuning telur.
  • PRODUK SUSU OLAHAN: keju cheddar dan yogurt untuk bayi.
  • Finger food: potongan buah, biskuit bayi.
  • Jus buah yang tidak asam

Yang Belum Boleh Diberikan:

  • IKAN & KERANG
  • SUSU SAPI

Jenis:

  • 3-4 bahan dasar (sajikan terpisah atau dicampur)
  • Tekstur kasar dan Finger Foods
  • Dimasak (kecuali alpukat dan pisang matang)

Frekuensinya:

  • Makan utama: 2-3 kali per hari
  • Cemilan: 2 kali per hari
  • ASI sekehendak.

Porsi:

  • Yogurt 50 ml, keju ukuran 1 kartu domino.
  • ¼ – ½ cangkir beras/cereal
  • ¼ – ½ cangkir buah
  • ¼ – ½ cangkir sayuran
  • 1/8 – ¼ cangkir sumber protein.
  • 50 ml jus buah

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh: Monique

Leah

dokter, tolong dong saya diberitahu jadwal makanan buat putra saya umur 6 1/2 bln. skr saya mencoba memberikan nasi tim saring. saya ingin tahu jadwal pemberian makanan bayi (bubur susu+ nasi tim saring+ susu formula+ buah+ jus buah). berapa kali sehari nasi tim saring diberikan? susu formula berapa kali dan berapa banyak maksimum pemberian dalam sehari? kalau saya sudah memberikan buah saring, apakah saya juga perlu memberikan jus buah??
terima kasih banyak dokter….

JAWABAN

Dear leah.
sebelumnya saya minta maaf emailnya baru kebuka sekarang. terimakasih ya atas email dan pertanyaanmu.
Wah anaknya pasti sudah besar sekarang. Usia 6 bulan asi saja tidak mencukupi, jadi saat ini bayimu memang sudah butuh makanan tambahan alias makanan pendamping ASI (MPASI. Tentunya dengan catatan di kepala kita bahwa sampai usia 1 tahun .. makanan utamanya tetap ASI .. artinya … MPASInya hanya sebagai tambahan, pemberian MPASI juga merupakan metoda belajar bagi anak …belajar apa? pertama, belajar mengulum, menelan makanan yang agak padat dan kental. Kedua … mengunyah ketika ia sudah berusia 9 bulan dimana MPASInya mulai agak kasar. Keempat .. belajar mengenal berbagai rasa buah, sayur mayur, daging, ikan, ayam, telur (kuningnya dulu ya, putihnya nanti di atas usia 9 bulan), keju, yogurt; kentang, nasi (tim atau bubur), havermouth, jagung, ubi merah, labu kuning.
Mulailah dengan mempergunakan bahan dasar beras/tepung beras
Mulailah dari konsistensi yang agak encer dan bertahap semakin padat
Mulailah dalam jumlah sangat sedikit 1-2 sendok dan bertahap porsinya ditambah
Nah sebenarnya, makan kan tak harus nasi tim dan tak harus bubur susu … berikan makanan bervariasi sehingga anak bersemangat ketika ia melihat piring makannya .. anakmu akan penasaran .. hmmm apa yang dimasak ibu untukku kali ini?
Dengan demikian, Lea juga mengajar anakmu untuk tumbuh dan berkembang menjadi anak yang tidak milih-milih makannya.
Di lain pihak, ibu juga belajar dan menjadi kreatif .,. bagaimana menyusun menu sehat yang mudah dan murah … dengan mempergunakan bahanp-bahan lokal, dengan memanfaatkan kekayaan alam Indonesia
Saya akan coba memberikan contoh jadwal makanannya.
Bangun tidur: ASI atau susu formula 125 cc.
Sarapan pagi: bubur tepung beras/bubur maizena … dan kalau sudah di atas 7 bulan bisa havermouth, roti campur susu, ubi kuning atau labu kuning kukus haluskan dan ditambah dengan susu (bisa campur keju parut setelah anakmu berusia 9 bulan)
ASI atau susu formula dan Cemilan pagi (air buah, yogurt bila sudah berusia 9 bulan) Makan siang:
Bisa nasi tim saring dengan sayuran dan kaldu sebagai supnya bayi, (nasi tim: 1-2 sdm daging cincang, 3-5 sdm sayur (wortel atau brokoli, atau labu siam atau buncis. Kukusnya sekaligus tetapi di wadah berbeda lalu haluskan dan taruh di tempat berbeda sehingga rasanya enak dan jelas … bukan campur aduk semua dijadikan satu dan dihaluskan jadi satu (anak tidak diperkenalkan pada rasa sesungguhnya, rasa sayur, rasa nasi dengan protein nya dst dst) atau buatkan brokoli tumis halus dengan keju parut dan sedikit ASI dicampurkan (setelah matang) Atau …
Buah yang padat misalnya, alpukat dengan susu, mangga dihaluskan campur susu atau ASI atau yogurt kalau sudah 9 bulan
Selingan sore: ASI/susu formula, buah halus kalau makan siangnya bukan buah dengan yogurt misalnya
Makan malam: kentrang pure atau nasi tim halus atau makaroni kalau siang bukan nasi tim/karbohidrat lainnya (sebaiknya selesai makan sedikitnya 1 jam sebelum berangkat tidur malam)
Sebelum tidur: ASI/susu formula
Nah itu contoh komposisi makanannya.Untuk menunya ibu bisa menyesuaikan sendiri. Tidak perlu perasa tambahan. Kamu bisa mempergunakan bumbu alami seperti daun salam, bawang bombay, jeruk nipis, bawangf daun, lengkuas, kunci dst dst
Oh ya memperjelas alergi pada makanan tersebut atau tidak, sekaligus memberikan kesempatan anak untuk mengenali rasa makanan tersebut. Misalnya jika daging yang kita ingin berikan adalah daging sapi dicoba dulu selama 3 hari, baru kita ganti dengan ikan, dan selanjutnya tak lupa diperhatikan reaksi yang ditimbulkan setelah pemberian makanan tersebut. Apakah nak mencret-mencret, muntah muntah atau gatal-gatal, kemerahan.
Untuk buah .. lebih dianjurkan buahnya ketimbang air jusnya. Jus dilatih diberikan dengan gelas bercorong (sippy cups), jangan dari botol susu, karena akan membuat anak bingung dengan susu formula yang diberikan juga melalui botol, selain itu bila anak ibu sudah mulai tumbuh gigi pemeberian melalui botol dapat merusak gigi. Usia 1 tahun idealnya anak tidak minum dari botol (kalau anak tidak ASI)
Nah selamat berkreasi dan berasyik masyuk di dunia makanan bersama anakmu. peluk cium untuk anakmu ya

Dijawab oleh: Wati

Irma

halo dok..
anak saya almeer sekarang 6,5 bulan..alhamdulillah saya sukses memberikan asi ekslusif selama 6 bulan, dan setelah 6 bulan saya mulai memeberikan makanan tambahan dan tetap memberikan asi..saya bekerja, dan selama bekerja almeer diberi asi dengan botol. Tapi kayanya dia kurang suka minum asi pake botol, karena kalo saya pulang kerja dia pasti tidak mau menghabiskan asinya yang ada di botol dan memilih langsung minum dari saya..
Yang jadi masalah sekarang adalah setelah makan makanan tambahan, almeer jadi sedikit minum asinya.Antara jam 10 sampai jam 5 saya pulang kerja, almeer kadang hanya menghabiskan asi 150-200 cc saja. Setelah saya pulang dia baru minum asi lagi langsung dari saya.Almeer makan 2x dan 1x makan buah..Saya khawatir asinya kurang..karena kan untuk bayi usia 6-9 bulan kebutuhan asi masih 80%..Lebih baik bagaimana ya dok? Apakah harus saya kurangi makannya? Terima kasih dok, saya sangat mengharapkan jawaban dari dokter.

JAWABAN

Dear Irma,
Terimakasih atas email dan pertanyaanmu. Horeee!!! Bahagianya saya .. satu lagi anak Indonesia berhasil memperoleh ASI eksllusif 6 bulan … Alhamdulillaah … semoga terus ASI sampai usia 2 tahun atau lebih ya
Irma, kamu benar sekali. Sampai usia satu tahun, ASI merupakan makanan utama bagi bayi. MPASI (makanan pendamping ASI) diperkenalkan sejak usia 6 bulan karena mulai usia tersebut anak memerlukan tambahan nutrisi dan mulai usia tersebut anak harus belajar bertahap mengenal makanan sebelum kelak di usia 1 tahun mulai mengkonsumsi makanan keluarga alias yang dihidangkan sehari-hari.
Memang untuk anak yang sudah diperkenalkan dengan MPASI otomatis konsumsi ASInya berkurang. Tetapi Irma tidak perlu cemas, karena masih ada cara untuk tetap menggunakan ASI tanpa harus khawatir kebutuhan akan ASInya tidak terpenuhi. Mungkin Irma benar … MPASInya terlalu banyak kah sehingga anakmu sudah terlanjur kenyang ketika ditawari ASI. Berapa banyak kamu berikan makanannya? Makan nya dua kali saja Irma (nanti usia 9 bulan makannya 3 kali) … tambahkan satu atau dua kali cemilan misalnya makan 2 kali sayur, 2 kali daging/telur (tanpa putih telur)/ikan/tahu/tempe; cemilannya air buah atau buah. Untuk detilnya … coba deh Irma buka Mayoclinic, AAP, cari complementary feeding … cari juga food pyramide.
Bagaimana meningkatkan asupan ASI? Pertama, pernahkah kamu mencoba memberikan ASI dengan sendok? Awalnya mungkin sulit tetapi lama kelamaan anak terbiasa asalkan kita sabar (bahkan kalau perlu kita memulainya dengan pipet). Kedua, campurkan ASI di MPASInya. Sebagai permulaan dapat dicoba dengan membuat bubur sereal (sereal artinya beras atau produk beras alias tepung beras) dari 5cc (1sdt) sereal kering atau tepung beras, masak dan setelah matang campur dengan 125 cc ASI. Atau bikin pudding lembut dengan sausnya ASI. Atau alpukat dengan susu dengan catatan … Perlu berikan selang waktu 3-5 hari sebelum kita memperkenalkan jenis sereal atau makanan baru, misalnya beras, atau oatmeal (havermout). Setelah diulang 3-5 hari seperti sebelumnya, baru diberikan selang-seling. Setelah 2-3 minggu dicoba pemberian sayur-sayuran, daging atau ikan, baru diperkenalkan buah-buahan.Awalnya coba campur sereal tersebut dengan ASI sampai encer. Bila bayi sudah mulai menyukai coba kurangi keencerannya. Pada awalnya … makanan harus lembut dan kemudian semakin lamaa dibuat semakin kasar tapi dicoba dari yang terhalus dulu. Apalagi kalau bayi sudah mulai punya gigi, jadi dia juga akan belajar mengunyah.
Oh ya irma, pada usia saat ini bayi sudah mulai diperkenalkan untuk menggunakan sendok, harus diingat botol susu hanya untuk susu bukan untuk sereal, jus, atau makanan lainnya. Sususnya berapa kali? Prinsipnya sih on demand .. sesuai kemauan anak … tetapi secara kasar … mulai bangun tidur, siang hari sampai sore sedikitnya 4 kali minum ASI dan nanti setelah usia 9 bulan tambahkan keju atau yogurt.
Meneurut saya sih … Irma tidak usah khawatir kalo pemberian ASI nya jadi kurang. ASI tidak harus selalu diberikan pakai botol boleh disuapi pakai sendok sekalian makan makanan padatnya. Ok Irma semoga bisa bantu ya jawabannya.
Salam hangat buat si kecil.

Dijawab oleh: Wati

Else

Dear ibu dokter yang baik,
Anak saya perempuan, minggu ini usianya 1 tahun BB : 8,7 kg ( dulu lahirnya prematur 33 minggu bl : 2,4 kg) yang saya tanyakan :

  • Bolehkah menambah sedikit garam/gula pada makanannya, atau mungkin alternatif lain supaya rasa makanannya lebih enak ? Selama ini saya tidak pernah menambahkan 2 items itu ke makanannya, buburnyapun tidak saya biasakan bubur kemasan tapi saya bikin tepung sendiri, bubur kemasan saya kasih kalau bepergian saja biar tidak repot. makan anak saya cukup baik, tidak banyak banget tapi relatif teratur. Makan 3 kali sehari, jus buah 1 kali dan susu 6 kali/hari @ 120 ml. Pola makannya saya bikin bervariasi dari kentang, makaroni,beras merah/putih sampai havermout dia mau, dan variasi ikan lebih banyak, Tetapi saya kadang-kadang agak kasian kalau dia makan tanpa garam/gula sepertinya rasanya kurang gurih.
  • Anak saya sering berkeringat,apalagi kalau tidur, meskipun pake AC. Kulitnya merah dan kering hanya di punggungnya dan bintik-bintik merah di lengannya, bedak, minyak telon maupun lotion sudah saya kurangi, dan pakaiannya sudah saya ganti yg tidak panas, apakah karena alergi makanannya dok ? Salep atau obat apa yg bisa mengurangi ? Biasanya jenis makanan apa yg mencetus alergi/gatal-gatal itu ?

Maaf sekali pertanyaannya banyak.
Terima kasih atas jawabannya.

JAWABAN

Dear Else, Thanks ya buat emailnya. Saya coba tanggapi ya

Kalau kita lihat panduan makan untuk bayi dan batita, misalnya dari AAP (American Academy of Pediatrics alias IDAInya Amerika), jelas2 dinyatakan, jangan berikan garam dan gula. Garam hanya akan membebani ginjalnya.
Gula, menanamkan kebiasaan buruk yg bisa menjadi salah satu penyebab obesitas pada si anak. Saran saya, berikan parutan keju, cincang halus bawang bombay, bw merah, bw putih, salam, sereh, pasti wangi dan sedep. Kalau mau juga kasih gula sedikiiit aja, saya biasanya sukanya pakai gula kelapa parut alias palm sugar, lebih wangi

Biasanya memang yg dialami anakmu adalah reaksi alergi pada kulit. Reaksi alergi biasanya jarang muncul karena satu penyebab saja, umumnya karena beberapa faktor. Misalnya, bisa saja dia alergi cuaca alias suhu kamar yg dingin ditambah dengan alergi debu. Kalau kita memakai AC kan udara kering sehingga kulit juga mudah kering, nah mungkin saja itu penyebabnya.
Coba kamu berikan moisturizer 3 kali sehari. Selain itu, sering di lap badan anakmu dengan lap air dingin. Kita amati dulu deh, kalau masih merah-merah juga, pikirkan kasur, deterjen, sprei, nah kalau makanan mungkin belakangan aja ya karena reaksinya kan tdk seluruh tubuh.

Semoga membantu

Dijawab oleh: Wati

Share on Facebook

Comments

11 Responses to “Q&A:MPASI”
  1. veronica says:

    Dear Ibu Dokter yang baik….
    Mo tanya2 tentang MPASI neh. Akhirnya my baby boy lulus ASI setelah 6 bulan….senengnya :) .
    Dok, tanya dunk untuk MPASI pertama dikasih nya apa aja ya…karena saya masih bingung neh…maklum anak pertama. Boleh saya minta tahapan2 dari bayi 6 bulan sampe 12 bulan untuk MPASI nya apa aja ya…tahapan makanan dari pagi hingga malam hari. Mohon bantuannya agar saya bisa memberikan makanan yang bergizi dan terbaik buat my baby boy… Terima kasih sebelumnya atas jawaban Ibu Dokter :)

  2. Gita says:

    Dear Ibu Dokter yg baik,

    Mohon pencerahannya:
    baby girl saya 14 sept ini genap 6 bulan artinya saya akan memberikan mpasi.
    Saya sudah browsing semua menu makanan buah & sayur di beberapa web termasuk http://milissehat.web.id.
    Yang ingin saya tanyakan, sebaiknya untuk awal pemberian mpasi, sebaiknya buah dulukah atau sayur terlebih dulu?
    Kalaupun buah, paling baik buah apa, atau sayur apa?

    Di menu “milissehat” saya membaca bahwa buah/sayuran akan dicampur dengan air putih.
    Alhamdulillah hingga saat ini saya asi eksklusif, tidak apakah jika baby saya berikan campuran air putih juga?

    Mohon sekali infonya, maklum ini pengalaman pertama saya :) .

    Terima kasih sebelumnya,

  3. wati says:

    Dear Dok…,
    Anak saya sekarang berusia 5 bulan 10 hari, saat ini dy masih ASI, Namun akhir-akhir intensitas minum ASI banyak sekali & lebih mudah haus & sedikit agak rewel. Apakah itu tanda dy mulai lapar? kalo di beri MPASI sudah bisa belum yah?

  4. heny Fahri says:

    Dear Dokter,

    Usia anak saya sudah 8 bulan, dan alahamdulilah program ASIX (ASI EXCLUSIVE) sudah berhasil saya jalani..dan ASI hingga sekarang…namun belakangnan ini ASI saya agak mengering karena selama 1 minggu saya mengkonsumsi air rebusan daun sirsak sehari 1 gelas…dengan tujuan untuk kesehatan. apakah hal ini yang menyebabkan ASI saya kering. tolong saranya…

  5. cici says:

    Anak saya 6,5bln. Makany udah 3x sehari. Saya pngb dapat panduan makanan yg terbaik krn dia pny bakat alergi dr papany . Kmrn prnh sy ks keju dibuburny bskny pipiny merah apa itu tanda alergi. Mohon info trims

  6. ismi says:

    Dear Dokter…

    Usia anak saya sekarang 8bln, dari usia 0bln smp dengan saat ini anak saya belum pernah memakai bedak bayi baik itu di wajahnya atau dibadannya.. yang ingin saya tanyakan pada saat usia berapakah bayi boleh memakai bedak? mohon info, terimakasih

  7. Maureen says:

    Dear Dokter,

    Bayi saya 6 bulan dan masi asi, saya sudah memperkenalkan bubur susu yang encer dengan dicampur asi, untuk seminggu pertama masi 1x sehari dan kemarin saya selingkan dengan buah sekali. Bayi saya pup nya tidakk rutin terkadang 4 hari sekali sampai 5 hari sekali. tapi dia tidak rewel, perut tidak kembung dan pas pup, pup-nya tidak keras kayak berupa mustard dan bayi tidak menangis saat pup. Apakah ini normal?? saya juga mau tanya apakah yang saya lakukan benar? bubur susu encer sekali dan buah sekali, jadi total MPAS2x sehari?

  8. jola says:

    Selamat siang bu dokter,
    saya mau bertanya, saya punya anak laki2 usia 8bulan. boleh tidak membuat bubur nasi dicampur udang, atau bubur nasi campur jagung? karena untuk jagung saya pernah baca di internet juga katanya sebelum usia 1 thn keatas jangan dikasih jagung dulu, karena spora di jagung bisa tumbuh di dalam tubuh bayi dan bisa mengakibatkan racun,benar tidak ya info ini? mohon infonya ya dok. trims :)

  9. indah says:

    Dok, mohon bantuannya untuk pola makan anak 12 bulan yang baik seperti apa? terima kasih

  10. Cosmas Budiyantoro says:

    Dear Ibu,

    Saya, Cosmas Budiyantoro, ayah seorang anak usia 8,5 bulan.
    Sudah 3 bulan ini, kami memberikan bubur Promina. Selang 2-3 jam kemudian, diberikan susu formula merk Neo Sure.

    Yang ingin saya tanyakan adalah :
    Apakah susu formula boleh dicampur ke dalam bubur tim “Promina” dalam pemberian makan ke pada si kecil ?

    Mohon pendapat dan sarannya.

    MInta tolong, saran dapat di email kepada saya.

    Terima kasih atas perhatiannya.

    Salam,

    Cosmas Budiyantoro

  11. INEL says:

    dear dr wati..
    baby 6.5 bulan, tadi pagi aku coba bubur beras merah + brokoli…suapan pertama langung meringis, suapan kedua tutup mulut. 2 hari lalu juga gitu, aku kasih labu kuning, suapan pertama meringis, suapan kedua tutup mulut.
    sedih banget jadinya…mohon advnya, apakah saya salah memberi menu?


*