Tuesday, October 21, 2014

Cetak Cetak

acarbose

August 23, 2010 by windhi kresnawati · Leave a Comment 

= akarbose

Eclid, Glucobay

Golongan

antidiabetes

Indikasi

diabetes mellitus yang tidak terkontrol dengan diet saja, atau tidak terkontrol dengan diet dan obat antidiabetes lainnya

Kontraindikasi

Inflammatory Bowel Disease (penyakit peradangan pada usus besar), adanya sumbatan usus, hernia, riwayat operasi saluran cerna, gangguan fungsi hati, gangguan fungsi ginjal.

Perhatian

Perlu dilakukan pemeriksaan rutin fungsi hati, dapat meningkatkan efek hipoglikemia (kondisi ketika kadar gula darah rendah) pada pengguna insulin atau sulfonylurea. Kejadian hipoglikemia dapat diatasi dengan pemberian glukosa oral namun tidak dengan sukrosa.

Kehamilan dan menyusui

Pabrik pembuatnya tidak menganjurkan digunakan pada wanita hamil dan menyusui

Efek samping

Buang-buang angin, tinja lembek, diare (dosis perlu diturunkan), perut kembung, nyeri perut. Jarang : mual, gangguan fungsi hati, reaksi kulit. Sangat jarang : sumbatan usus, edema, jaundice (kuning), dan hepatitis.

Dosis

  • Dosis awal 50 mg perhari dinaikan sampai 3×50 mg perhari, jika perlu dalam 6-8 minggu dapat dinaikan sampai 3×100 mg perhari, maksimal 3×200 mg perhari.
  • Tidak direkomendasikan untuk anak di bawah 18 tahun.
  • Acarbose dikunyah bersama makanan dan ditelan dengan bantuan sedikit air pada suapan pertama saat makan.
  • Pasien yang mengkonsumsi acarbose bersamaan dengan insulin atau sulfonylurea, perlu membawa glukosa oral (bukan sukrosa karena penyerapannya terganggu oleh acarbose) untuk mencegah hipoglikemia sewaktu-waktu.

Sediaan

tablet 50 mg, 100 mg

Share on Facebook


*