Thursday, October 23, 2014

Cetak Cetak

Sekilas Mengenai Kurva Pertumbuhan

September 9, 2010 by windhi kresnawati · Leave a Comment 

Lihatlah gambaran anak-anak pada beberapa kelas, dan anda akan melihat anak-anak pada usia yang sama dalam semua bentuk dan ukuran. Beberapa anak-anak tampak kecil ketika di samping rekan-rekan mereka, sementara yang lain ketika sedang berdiri, kepala dan bahu di atas teman sekelas mereka.

Apakah semudah itu untuk membuat perbandingan dan menarik kesimpulan tentang apa yang anda lihat, karena pada kenyataannya adalah anak-anak tumbuh dengan kecepatan mereka sendiri. Besar, kecil, tinggi, pendek – ada berbagai macam bentuk dan ukuran yang tetap sehat di antara anak-anak.

Faktor gen dan faktor gaya hidup seperti nutrisi dan aktivitas fisik memainkan peran cukup besar dalam pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Dan hal ini juga didukung dengan variasi dari latar belakang keluarga dan suku.

Jadi bagaimana seorang dokter menganalisa apakah anak dengan ukuran tinggi dan pengukuran berat adalah “normal”? Apakah ia ia sedang berada dalam tahap pertumbuhan? Atau apakah ada masalah kesehatan yang mempengaruhi pertumbuhan?

Seorang dokter menggunakan grafik pertumbuhan untuk membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Berikut adalah beberapa fakta tentang grafik pertumbuhan dan apa yang mereka katakan tentang kesehatan anak anda.

Mengapa Dokter Gunakan Grafik Pertumbuhan?

Kurva pertumbuhan adalah bagian standar pada setiap pemeriksaan tubuh anak, dan kurva ini akan menunjukan kepada dokter atau tenaga kesehatan, bagaimana pertumbuhan seorang anak dibandingkan dengan anak lain pada usia yang sama dan jenis kelamin yang sama mau pun yang berbeda.

Kurva ini juga menunjukkan kepada para dokter dan perawat mengenai pola ‘tinggi dan berat badan anak dari waktu ke waktu, dan apakah perkembangan dari grafik tersebut berlangsung secara proporsional.

Misalkan seorang anak yang tumbuh di sepanjang pola yang sama sampai ia 2 tahun, lalu tiba-tiba mulai tumbuh lebih lambat dari anak-anak lain. Hal ini dapat mengindikasikan adanya suatu masalah kesehatan. Dan dokter hanya perlu melakukan hal tersebut hanya dengan melihat kepada kurva pertumbuhan.

Faktor Apa Mempengaruhi Proses Pertumbuhan Anak ?

Genetika, jenis kelamin, nutrisi, aktivitas fisik, masalah kesehatan, lingkungan, dan seluruh hormone yang berpengaruh pada tinggi dan berat badan anak.

Apabila Kurva Pertumbuhan Menunjukkan Gambaran yang berbeda, Apakah Ada Masalah?

Belum tentu. Dokter akan melakukan analisa terhadap kurva pertumbuhan secara keseluruhan dengan tetap melihat kepada faktor kesejahteraan, lingkungan, dan latar belakang genetik. Apakah anak anda melampaui tahap perkembangan anak lain? Apakah ada tanda-tanda lain bahwa anak tidak sehat? Berapa tinggi atau berat orang tua maupun saudara dari anak? Apakah anak lahir prematur? Apakah anak memulai masa pubertas lebih awal atau lebih lambat dari rata-rata?  Ini semua adalah faktor yang dokter akan gunakan untuk membantu analisa gambaran yang terdapat dalam kurva pertumbuhan tersebut.

Apakah Semua Anak-Anak  dapat diukur pada kurva pertumbuhan yang sama?

Tidak, anak perempuan dan anak  laki-laki diukur pada kurva  pertumbuhan yang berbeda karena mereka tumbuh dengan pola yang berbeda dan pada tingkat yang berbeda.

Satu set table dari kurva berisi pengukuran untuk bayi, sejak lahir sampai 36 bulan. Satu set kurva yang lain, digunakan untuk anak-anak usia 2-20 tahun. Bahkan, bagi anak dengan masalah atau gangguan pertumbuhan dan mental, seperti gangguan pertumbuhan khusus digunakan untuk anak-anak dengan kondisi tertentu, seperti sindrom Down.

Umumnya digunakan grafik pertumbuhan standar termasuk:

A) Umur 0-36 bulan (3 years) :
-   Tinggi badan dan berat badan anak laki laki terhadap usia

-       Tinggi badan dan berat badan anak perempuan terhadap usia

-       Lingkar kepala anak perempuan terhadap usia dan berat badan terhadap tinggi badan

-       Lingkar kepala anak laki-laki terhadap usia dan berat badan terhadap tinggi badan

B) Umur 2 tahun – 20 tahun:

-       Perawakan (ketinggian) anak perempuan  dan berat badan terhadap usia

-       Perawakan anak laki-laki dan berat badan terhadap usia

-       Berat badan anak perempuan dan perawakan anak perempuan

-       Berat badan anak laki-laki terhadap perawakan anak laki-laki

Pengukuran Apa yang di plot ke dalam Kurva?

Saat bayi berusia 36 bulan, dokter mengukur berat, panjang, dan lingkar kepala.

Untuk anak-anak yang lebih tua, dokter mengukur berat badan, tinggi, dan indeks massa tubuh (BMI). Penting untuk memperhatikan dan membandingkan berat badan dan pengukuran tinggi untuk mendapatkan gambaran penuh pertumbuhan seorang anak.

Mengapa Mengukur Lingkar Kepala?

Pada bayi, lingkar kepala (jarak sekitar bagian terbesar dari kepala) dapat memberikan petunjuk tentang perkembangan otak. Jika kepala bayi lebih besar atau lebih kecil dari anak-anak lain pada umumnya, atau lingkar kepala berhenti meningkat atau meningkat dengan cepat, hal ini dapat menjadi indikasi adanya masalah.

Sebagai contoh, seorang yang dalam pengukuran memperlihatkan lingkar kepala yang cukup besar, mungkin merupakan tanda hydrocephalus, yaitu suatu masalah adanya penumpukan cairan di dalam otak. Sebuah kepala yang lebih kecil daripada rata-rata mungkin merupakan tanda bahwa otak tidak berkembang dengan baik atau telah berhenti tumbuh.

Apakah Persentil?

Persentil adalah hasil pengukuran yang digunakan untuk membandingkan  seorang anak dengan anak yang lain. Pada grafik pertumbuhan, persentil ditampilkan sebagai garis yang ditarik dalam pola melengkung. Ketika dokter anak plot berat dan tinggi pada tabel, mereka melihat garis persentil anak tersebut berada dimana. Semakin tinggi angka persentil, semakin besar seorang anak dibandingkan dengan anak-anak lain pada usia dan jenis kelamin yang sama, apakah itu untuk tinggi atau berat; semakin kecil angka persentil, semakin kecil anak dibandingkan dengan anak seusia dan jenis kelamin yang samaSebagai contoh, jika seorang anak laki-laki berusia 4 tahun berada pada persentil 10, hal ini menunjukkan bahwa 10% anak laki-laki usia yang sama, memiliki berat yang kurang dari anak itu, dan 90% pada anak usia 4 tahun, memiliki berat badan lebih dari anak itu.

Bagaimana Persentil dapat di Percaya?

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengeluarkan kurva pertumbuhan yang paling sering  digunakan di Amerika Serikat. Versi terakhir di perbaharui pada tahun 2000. Setelah mengumpulkan hasil pengukuran tinggi dan berat badan dari ribuan anak-anak AS selama satu periode waktu, CDC mampu menunjukkan berbagai ukuran ini pada satu diagram, menggunakan kurva persentil.

Tinggi atau rendahnya persentil tidak berarti bahwa seorang anak lebih sehat atau memiliki pertumbuhan atau masalah berat badan. Sebagai contoh, anak usia 4 tahun, berada dalam  persentil 10 untuk berat, juga berada dalam persentil 10 untuk tinggi. Jadi ada 10% anak-anak lebih pendek dan berat kurang dari ukuran anak tersebut, dan kebanyakan anak – 90% lainnya- lebih tinggi dan lebih berat. Itu hanya berarti bahwa dia lebih kecil daripada rata-rata anak usianya, dan hal ini bukan suatu masalah. Jika orang tua dan saudaranya juga lebih kecil daripada rata-rata, dan ditambah lagi, ada tanda-tanda lain bahwa dia sehat dan berkembang dengan baik, dokter akan menyimpulkan bahwa tidak ada alasan untuk kuatir terhadap pertumbuhan anak tersebut.

Berapa Persentil Ideal untuk Anak Saya?

Tidak ada satupun persentil yang ideal. Anak-anak yang sehat, bisa berada lama segala bentuk dan ukuran, dan bayi yang ada di persentil ke-5 bisa sama sehat seperti bayi yang ada di persentil 95. Idealnya, setiap anak akan mengikuti garis pola pertumbuhan yang sama dari waktu ke waktu, tumbuh tinggi dan berat badan pada tingkat yang sama, dengan tinggi dan berat badan secara proporsional, satu sama lain. Ini berarti bahwa biasanya anak tetap berada di garis persentil tertentu pada kurva pertumbuhan. Jadi jika anak usia 4 tahun selalu berada pada garis persentil 10, dan dia terus bertumbuh pada persentil yang sama, mengikuti pola sebelumnya, maka gambaran tersebut merupakan gambaran pertumbuhan yang baik.

Apakah Tanda Berbahaya, pada kurva tersebut?

Sebuah kurva pertumbuhan dapat memberikan gambaran pola yang berbeda, yang menggambarkan adanya masalah kesehatan, seperti :

  • Bila persentil berat badan atau tinggi badan anak mengalami perubahan dari pola sebelumnya. Sebagai contoh: Jika tinggi dan berat badan secara konsisten berada pada garis persentil 60 sampai anak usia 5 tahun, dan tinggi turun ke persentil 30 pada usia 6 tahun, hal ini mungkin menunjukkan adanya masalah, karena garis pertumbuhan tidak mengikuti garis pertumbuhan sebelumnya. Banyak anak-anak dapat menunjukkan perubahan pertumbuhan melalui titik persentil pada beberapa tahap perkembangan, dimana hal tersebut merupakan hal yang normal untuk beberapa anak yang lain. Hal ini sebagian besar muncul pada masa anak-anak dan pubertas.
  • Ketika anak-anak tidak bertambah tinggi disaat yang sama, berat meraka bertambah. Misalkan, seorang anak laki-laki, dengan tinggi badan pada persentil 40 dan berat badannya berada di persentil 85 (Jadi dia lebih tinggi dari 40% anak-anak seusianya, tapi beratnya lebih dari 85% anak usianya). Itu mungkin dapat menjadi masalah. Di sisi lain, jika dia ada di persentil 85 untuk tinggi dan berat badan dan mengikuti pola yang sama dari waktu ke waktu, yang biasanya berarti bahwa dia adalah anak normal yang baru saja lebih besar daripada rata-rata anak seusianya.

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang itu pertumbuhan anak anda – atau kurva pertumbuhan – bicaraklah dengan dokter anda. (Olien)

Sumber : Elana Pearl Ben-Joseph, MD (www.kidshealth.com)

Share on Facebook


*