Friday, October 31, 2014

Cetak Cetak

Bayi Baru Lahir-APGAR Skor

January 16, 2010 by Anto Lucu · Leave a Comment 

APGAR  Skor

Sekilas mengenai Skor Apgar

Merupakan pemeriksaan pertama yang dilakukan kepada bayi Anda ketika baru lahir, yang dilakukan masih di dalam kamar bersalin. Pemeriksaan ini secara cepat akan mengevaluasi keadaan fisik dari bayi baru lahir dan sekaligus mengenali adanya tanda-tanda darurat yang memerlukan dilakukannya tindakan segera terhadap bayi baru lahir.

Apgar Score mulai berkembang sejak tahun 1952 oleh seorang dokter anestesi/bius, yang bernama Virginia Apgar. Dan kata APGAR sendiri, merupakan gabungan dari kata: Activity (aktivitas), Pulse (Nadi), Grimace (mimik), Appearance (Tampilan kasat mata), dan Respiration (pernapasan). Dimana kelima hal tersbut merupakan faktor yang dinilai pada bayi baru lahir.

Tes ini, biasanya diberikan kepada bayi Anda sebanyak dua kali: pada menit pertama setelah lahir dan dilakukan kembali pada menit ke-5 setelah lahir. Jarang terjadi namun ketika penilaian kondisi bayi pada menit pertama, dan dua tAnda memberikan hasil yang rendah, maka penilaian akan dilakukan lagi untuk yang ketiga kalinya pada menit ke-10 setelah kelahiran.

Lima hal yang menjadi parameter penilaian kondisi bayi baru lahir, di berikan skor 0-2, dimana 2 merupakan skor tertinggi:

  1. Aktivitas otot
  2. Denyut jantung
  3. Ekspresi/mimik
  4. Tampilan (warna kulit)
  5. Pernapasan (frekuensi napas dan usaha bernapas)

Dokter atau perawat bayi akan menjumlahkan kelima hasil penilaian di atas, untuk mendapatkan total Apgar Skor. Skor yang diberikan antara 10 dan 0, dengan 10 sebagai skor tertinggi.

Penilaian Apgar

TAnda Apgar 2 1 0
Denyut jantung Normal (diatas 100x/menit Dibawah 100x/menit Tidak ada
Pernapasan Normal, tanpa usaha bernapas yang berlebih, menangis kuat Pelan, tidak teratur, menangis lemah Tidak bernapas
Respon/refleks mimik Menarik diri, batuk oleh karena ada rangsangan Perubahan mimik wajah hanya ketika di rangsang Tidak ada respon terhadap rangsangan
Aktivitas otot Aktif, pergerakan spontan Lengan dan kaki menekuk dengan sedikit pergerakan Tidak ada gerakan sama sekali
Tampilan (warna kulit) Warna kulit normal, merata di seluruh tubuh Warna kulit normal (tangan dan kaki pucat) Warna pucat atau kebiruan di seluruh tubuh

Apa tujuan penilaian skor Apgar?

Bayi dengan hasil total, 7 atau lebih pada menit pertama setelah lahir, secara umum berada pada keadaan sehat. Bukan berarti skor yang rendah menunjukkan bahwa anak Anda tidak sehat atau tidak normal. Hasil yang rendah dalam penilaian itu, menunjukkan bahwa anak Anda membutuhkan tindakan yang sifatnya segera, seperti menyedot/mengeluarkan cairan dari saluran pernapasan atau pemberian oksigen untuk membantu pernapasan, tindakan tersebut dapat memberikan perbaikan keadaan bayi secara umum.

Pada menit ke-5 setelah lahir, penilaian kembali dilakukan, dan jika skor bayi Anda tidak naik hingga nilai 7 atau lebih dan  berdasarkan pertimbangan lainnya dari keadaan bayi maka  dokter dan perawat akan melanjutkan tindakan medis yang perlu untuk dilakukan dan pemantauan intensif. Beberapa bayi yang lahir dengan masalah pada organ jantung dan paru-paru akan membutuhkan tindakan medis  lanjutan, sedangkan yang lain hanya membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan luar. Kebanyakan bayi baru lahir dengan nilai Apgar pertama dibawah 7, akan baik-baik saja.

Hal yang penting bagi orang tua yang baru memiliki bayi untuk mengetahui nilai Apgar. Penilaian ini dibuat untuk menolong tenaga kesehatan dalam mengkaji kondisi secara umum bayi baru lahir dan memutuskan untuk  melakukan tindakan darurat atau tidak. Penilaian ini bukan ditujukan sebagai preidiksi terhadap kesehatan bayi atau perilaku bayi, atau bahkan status intelegensia/kepandaian. Beberapa bayi dapat mencapai angka 10, dan tidak jarang, bayi yang sehat  memiliki skor yang lebih rendah dari biasanya, terutama pada menit pertama saat baru lahir.

Perlu diingai bahwa skor Apgar agak rendah (terutama pada menit pertama) adalah normal pada beberapa bayi baru lahir, terutama bayi yang lahir dari ibu hamil dengan risiko tinggi, lahir melalui proses operasi cesar, atau ibu yang memiliki komplikasi selama kehamilan maupun proses persalinan. Skor Apgar yang rendah juga bisa terjadi pada bayi prematur, dimana kemampuan untuk menggerakkan otot/alat gerak lebih rendah daripada bayi cukup bulan. Bayi prematur dalam kasus apapun akan memerluan pemantauan ekstra dan bantuan pernapasan, dikarenakan paru-paru belum sempurna.

Jika dokter Anda atau tenaga kesehatan peduli terhadap penilaian bayi Anda, maka mereka akan memberitahukan dan menjelaskan kondisi bayi Anda, apa yang mungkin menjadi penyebab masalah,   dan penanganan apa yang akan diberikan. Yang paling penting, sebagian besar bayi melakukan penyesuaian dengan baik maka tetap tenang dan jalani proses tersebut dengan sebaik-baiknya.

(YS)

Sumber : What is the Apgar Score

http://kidshealth.org/PageManager.jsp?dn=KidsHealth&lic=1&ps=107&cat_id=20553&article_set=25452

Share on Facebook


*